Gadgetmu, Kawan atau Lawan?

 Bismillahirahmaanirrahiim


Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh


Gadgetmu, kawan atau lawan?

Materi yang sangat menarik, Gadget merupakan istilah yang berasal dari bahasa inggris yang artinya perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Contohnya Smartphone, Tablet. Ipad, Laptop, Kamera Digital, dan Headphone. Dalam bahasa Indonesia Gedget disebut juga gawai.

Sekarang, kita kerucutkan pembahasan kita kepada Gadget yang dapat terhubung ke internet, yaitu Smartphone, Laptop, Tablet ataupun Ipad. Mengingat perkembanga internet di dunia semakin pesat dan internet pun telah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi kita.

Pasti kita semua disini memiliki Gadget-gadget yang sudah disebutkan di atas kan? terutama Smartphone. Obviously, mengapa? karena Gadget memiliki fungsi yang sangat amat banyak, baik itu memberikan pengetahuan, sebagai alat komunikasi, dan juga menawarkan beragam hiburan mulai dari games, video-video lucu, dan lain-lain. Harga dari Gadget cukup merogoh kocek, semakin bagus spesifikasi dan kinerja Gadget yang kita inginkan, maka semakin besar pula uang yang harus di keluarkan

Rasanya, kalau di jaman sekarang ini tidak memiliki Gadget pasti akan sangat jauh tertinggal dari informasi-informasi terkini atau terupdate, walaupun kita yang menentukan apakah kita mau menggali informasi terkini yang bermanfaat bagi kita atau justru yang tidak bermanfaat.

Inilah tema kita. Gadgetmu, *kawan* atau *lawan*?

Segala yang terjadi dalam kehidupan kita adalah Takdir Allah, namun kita mau takdir yang bagaimana pada diri kita? jika kita ingin takdir kita menjadi orang yang baik, maka lakukanlah yang baik-baik. Karena apa yang kita lakukan akan menjadi bagian dari takdir kita. Dapet ya :) Memang tidak ada yang bisa mengubah takdir Allah, tapi kita pun harus berusaha agar takdir yang Allah tetapkan bagi kita adalah baik. Husnuzhon dan berusaha


Begitupun dengan menggunakan Smartphone misalnya. Itu adalah pilihan kita, kita tau kegunaan Smartphone banyak banget, rasanya kita bisa melakukan apa aja dengannya. Kita bisa belajar, mencari uang dengan berjualan online atau menjadi freelancer, mencari teman, menghibur diri dan orang lain, menjadi selebgram, menjadi penyebar konten-konten positif, main games, bahkan bisa sebagai sarana gaya hidup dengan mengupload keseharian kita. Tak terkecuali ada juga tentu sisi negatifnya misal di internet tersebar luas konten-konten po*no yang bisa diakses dengan mudah oleh siapa saja.

So, itu dia kembali kepada kebijakan dari diri kita. Bisakah kita memanage diri kita untuk bisa mengguakan Gadget secara bijak? harus... Q(^-^)Q

Nah, gimna nih agar kita bisa lebih memanfaatkan Gadget pada hal-hal yang positif? Berikut tipsnya

*Pertama*  Pilihlah dan installah aplikasi yang bermanfaat

Prioritaskan terlebih dahulu aplikasi-aplikasi yang dapat membantu temen-temen dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Bila ternyata temen-temen adalah orang yang mudah lupa, aplikasi pencatat dan pengingat jadwal/kegiatan seperti Wunderlist, Evernote, Trello bisa menjadi pilihan anda.

Bagi temen-temen yang susah bangun pagi untuk kerja/kuliah/sekolah, anda bisa menggunakan aplikasi alarm bawaan smartphone anda tetapi ada juga aplikasi alarm yang menawarkan tantangan lebih untuk bangun pagi seperti Alarmy (Sleep If U Can)

Perlu diingat bahwa aplikasi yang bermanfaat untuk anda belum tentu bermanfaat untuk orang lain, tergantung selera/kebutuhan masing-masing. Jenis aplikasi yang umum digunakan adalah alarm, email, cloud drive, pengingat jadwal, dokumen, berita, transportasi, dan lain-lain.

*Kedua* hapus aplikasi yang tidak digunakan atau yang ternyata banyak mudharatnya saat kita gunakan

Jika anda mempunyai aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan lagi atau kurang terasa manfaatnya alangkah baiknya untuk menghapusnya supaya tidak memakan space memori. Pikirkan matang-matang apakah aplikasi ini benar-benar sudah tidak digunakan untuk selanjutnya. Contoh: aplikasi gaming yang lebih dari 1, coba pelan-pelan dikurangi, terus aplikasi yang tidak menimbulkan manfaat saat kita yang menggunakan (mungkin saja orang lain dapat menggunakannya dengan bijak) contoh: TikTok.

*Ketiga* Unfollow seseorang yang kira-kira postingannya berisi hal-hal negatif atau hal-hal yang tidak bermanfaat bagi kita dan membuat kita jadi insecure

Misal kira mengunfollow salah satu selegram dan beralih memfollow akun yang bisa menambah ilmu contoh: @cendekiasirah (*promo) >-<v

*Keempat* Manfaatkan fitur-fitur gadget sebaik mungkin

Gadget yang mahal tentu memiliki kelebihannya baik itu dari sisi luarnya atau fitur-fitur yang ada di dalamnya. Tidaklah bijak jika Anda menggunakan gadget yang mahal hanya untuk sosial media atau browsing.

Misal kita bisa menggunakan Gadget kita untuk mengedit dan membuat postingan-postingan atau tulisan-tulisan positif atau berisi pesan moral kehidupan ataupun pesan dakwah dan mesharenya, wuah InsyaAllah bisa nambah pahala :)

*Kelima* Sosial mediamu ladang pahalamu

Sosial media merupakan sarana untuk saling berbagi informasi bagi setiap orang. Meskipun begitu, masih ada orang yang belum bisa memanfaatkan sosial media dengan baik yaitu dengan menyebar hoax, kebencian, dan SARA.

Temen-temen bisa menggunakan media sosial untuk memposting artikel yang bermanfaat dan kutipan motivasi. Manfaatkan grup-grup di Facebook untuk berdiskusi sesuai topik atau bidang pekerjaan yang diinginkan. Mempromosikan produk/jasa juga bukan hal yang dapat dihindarkan.

*Keenam* Belajar :)

Banyak banget ilmu yang harus kita pelajari, sampai-sampai sebenernya tidak ada waktu yang cukup untuk bermain-main bagi seseorang yang malas belajar. Kita bisa memperoleh ilmu dari banyak aplikasi di smartphone, Contoh temen-temen yang sekarang ikut kajian MasyaAllah luar biasa, mantull.. di Youtube kita bisa memperoleh banyak ilmu dari channel-channel inspiratif misalnya Sisi Terang atau channel dakwah. Daripada nonton Prank :D bukan berarti ga boleh sama sekali lihat Prank-prank itu.. tapi coba buat target, 1 minggu hanya boleh 1 kali nonton konten Prank? boleh.. pelan-pelan dikurangi :)

dahulu ada sahabat wanita yang MasyaAllah luar biasa, sampai banyak sahabat lainnya bahkan para ulama kita yang menjulukinya sebagai wanita paling berilmu (alim), yaitu Sayyidah Aisyah binti Abu Bakar RA, gimana engga? beliau hampir tau segala cabang ilmu, baik ilmu hadist, fiqih, kedokteran, ilmu waris, ilmu keturunan (yang terkenal sulit), bahkan ilmu balaghah. MasyaAllah

Belum lagi pada imam kita, contoh Imam Syafi'i, beliau ahli dalam bidang kedokteran juga ahli dalam bidang ilmu fiqih MasyaAllah, beliau juga mengatakan bahwa Ilmu itu ada 2, ilmu dunia (kedokteran) dan ilmu akhirat (fiqih). MasyaAllah

Ingat

Ibnu Qayyim Al-Jauziyah rahimahullah berkata,

 Jika dirimu tidak disibukkan dengan hal-hal yang baik, pasti akan disibukkan dengan hal-hal yang batil”

dan Hadist

"Barang siapa menempuh satu jalan (cara) untuk mendapatkan ilmu, maka Allah pasti mudahkan baginya jalan menuju surga." (HR. Muslim)

”Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang”. (HR. Bukhari no. 6412, dari Ibnu ‘Abbas)

Jadi bijak-bijaklah dalam menggunakan waktu yang telah Allah berikan, itu juga merupakan bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT.

Wallahu a'lam bisshawwab

Mohon maaf atas segala kekurangan

Wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesan dan Pesan di Hari Ketiga Matrikulasi

Akhirnya Kembali Ngepost :'D

Lagi Suka sama Putri Indonesia 2010, Nadine Alexandra Dewi Amez