Apa Sih Jati Diri Kita Sebenernya?

Bismillahirrahmaanirrahiim

Assalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh :)

Alhamdulillah, kali ini Saya coba menulis mengenai Jati Diri Seorang Muslimah, ada buku yang saangaat amat recommended mengenai topik pembahasan ini, yakni "Jati Diri Seorang Muslimah" karya Dr. Muhammad Ali Al-Hasyimi. Jujur Saya juga belum baca bukunya ^^"> ehehe.. Namun, dari beberapa postingan pada blog atau website yang berkaitan dengan topik ini, rata-rata merujuk kepada buku tersebut, which is.. it means, bukunya bagus buanget InsyaAllah.. Kalau kepo silahkan search mengenai buku tersebut :) dan ini bisa banget masuk ke dalam list buku yang kamu mau miliki atau baca :) 

Lanjuut, disini kita bahas mengenai Muslimah, sosok yang amat sangat dimuliakan dalam islam, dan emang se 'spesial' itu loh kita :D MasyaAllah ya..  kece deh.. Nah, kalau bicara Jati Diri, sepertinya ga jauh-jauh dari "karakter" ya ga sih? atau mungkin temen-temen yang baca ini ada yang orang Psikologi? pasti lebih mengetahui mengenai hal ini ya.. Nah, sebenernya nih karakter setiap manusia pada mulanya itu sama semua, yakni karakter islami.. itu mengapa setiap bayi yang baru lahir itu suci. Namun, mengapa kok ada orang yang punya karakter buruk? iya, hal itu disebabkan oleh pengaruh lingkungan dan orang-orang terdekatnya ketika ia bertumbuh.

Jati diri seorang muslimah sendiri tentu saja tidak lain tidak bukan adalah kembali lagi "Islam", begitupun Ikhwan, dan kita coba kerucutkan lagi.. Jati diri seorang muslimah itu adalah sudah jelas dipaparkan dalam Al-Qur'an dan As-Sunnah, buanyak banget nash-nash yang menceritakan mengenai bagaimana harusnya muslimah harus bersikap.. Kita tahu, seperti menutup aurat, menundukkan pandangan, patuh pada suami, ga bole ikhtilat (bercampur baur laki-laki dengan perempuan), menjaga adab berbicara :) Sehingga, segala perbuatan kita tentunya harus berdasarkan perintah Allah SWT.. Nah, kalau uda begitu tuh, tentunya kita akan takut untuk ngelanggar perintah Allah SWT kan.. Sikap patuh dan takut ini lah yang nantinya akan membentuk jati diri muslimah, apaan tuh? Ketaqwaan 

Kita juga dianjurkan membaca kisah-kisah perjuangan para Shahabiyah, bagaimana sikap mereka dalam menghadapi tantangan dan permasalahan untuk tetap tegar dalam menegakkan agama islam dan istiqomah.. Itu membuktikan bahwa para Shahabiyah kita memiliki jati diri yang sangat amat kuat, memiliki Taqwa yang sangat kuat.. yang harusnya dapat kita teladani dan ikuti :) Nah, kalau kita bisa teladani dan tanamkan sebenar-benar jati diri ini, InsyaAllah, kita ga akan kalah dengan dunia walau bagaimanapun kondisinya.

Baik, sekian dulu tulisan kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua ^^ Semoga kita bisa menjadi Muslimah yang punya Jati Diri yang kuat layaknya para Shahabiyah kita ya.. Aamiin Allahumma Aamiin

Teteup always bersyukur :) Alhamdulillah~~~


Wassalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesan dan Pesan di Hari Ketiga Matrikulasi

Akhirnya Kembali Ngepost :'D

Lagi Suka sama Putri Indonesia 2010, Nadine Alexandra Dewi Amez